Idul Adha di Desaku

Oleh: Decla Patria Nugroho

Setiap Idul Adha umat islam diadakan setiap tanggal 10 Dzulhijah. Hari raya Idul Adha disebut juga dengan hari raya haji, karena bertepatan dengan ibadah haji di Mekkah. Ada yang menyebutnya dengan hari raya kurban karena pada hari ini hewan-hewan disembelih berdasarkan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Pada hari ini setiap umat Islam merayakannya dengan mengorbankan hewan kurban dan membagikannya kepada siap orang.

Hari raya Idul Adha di desaku sangat meriah. Ada 5 ekor sapi dan 19 ekor kambing yang siap dikurbankan setelah salat Idul Adha. Penyembelihan diadakan di depan masjid. Banyak warga yang berkumpul menyaksikan penyembelihan.

Ada seekor sapi yang tiba-tiba saja ketakutan. Sapi itu mengeluarkan suara yang sangat keras. Ia berontak ketika warga lainnya memeganginya. Anak-anak kecil yang ikut menonton juga ikut ketakutan. Mereka takut sapi itu terlepas dan menabrak mereka. Akhirnya sapi itu dapat ditenangkan oleh warga dan kemudian disembelih dengan tenang.

Perayaan Idul Adha di desaku sangat dinanti oleh warga dan juga warga lain desa. Kami membagi daging kurban dengan adil sehingga setiap warga dapat merasakan kebahagiaan yang sama antara yang mampu dengan yang tidak mampu.

Sumber: https://decla12.blogspot.com/2024/07/tema-hari-raya-idul-adha.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas